Rabu, 03 Juli 2013

Tentang Inspirasi

Perkenankan saya bertanya (baik pada diri saya sendiri atau siapapun)

Seberapa banyak orang yang menginspirasi kita?
Siapa saja sosok-sosok itu?
Bagaimana karakteristik mereka?

Saya yakin banyak orang yang mampu menginspirasi kita, disadari atau tidak disadari. Kok bisa sadar atau tidak?
    Inspirasi adalah suatu kata yang menggambarkan dorongan untuk bertindak, bukan melalui kata, melainkan melalui sebuah tindakan yang mampu ‘mengajak’ orang lain juga. Yup, bisa jadi kita bergerak karena melihat orang lain yang telah menapakin jejak tersebut lebih dahulu tetapi kita tidak menganggap orang tersebut sebagai sosok yang menginspirasi. Itulah yang saya maksud inspirator yang tidak kita sadari.
       Lantas, siapa saja yang sebenarnya pantas kita jadikan inspirator? Seorang inspirator tidak harus melulu tentang orang sukses yang jauh di mata dan tak teraih. Inspirator bukan pula sosok yang tak tersentuh. Sosok itu bahkan bisa denga mudah kita dapatkan disekitar kita. Benar, orang terdekat kita. Inspirasi pun bisa muncul dari mereka. Banyak sosok yang mengagumkan yang mendorong kita dengan aksinya.
       Sosok yang memberikan inspirasi adalah orang yang sukses. Bukan sukses dalam arti posisi atau materi, melainkan sukses menghadapi dirinya. Sukses menaklukan tantangan dan keterbatasan dalam hidupnya serta lingkungannya, sukses melampau mimpinya, dan sukses menghebatkan orang lain.
Munculnya kemampuan mengispirasi dalam diri seseorang berawal dari aksi yang memberi kontribusi bagi dirinya dan orang lain. 

Dan akhirnya..
Inspirasi bukan tentang meniru langkah, melainkan mempelajari dan menerapkan nilai perjuangan serta mengombinasikannya dengan hal lanl untuk membangun sesuatu yang lebih baik dibanding dengan yang diterapkan oleh sang inspirator.

3 Juli 2013
17.26
kasattwika

Tidak ada komentar:

Posting Komentar