Selasa, 02 Juli 2013

Memungkinkan yang Tidak Mungkin

Pernah nggak sih ngerasa pengen banget ngedapeti sesuatu tapi tiba-tiba kepentok sama pikiran ilmu belum nyampe? Merasa mimpi dan kemampuan belum sebanding. Mungkin itu yang disebut dengan membatasi kemampuan diri. Kalau nggak diimbangi dengan ‘pemaksaan’ diri dan pikiran positif, bakal bahaya.
Banyak hal yang kita pikir nggak mungkin kita lakuin. Tapi bukan nggak mungkin bagi kita buat memungkinkan hal yang kita pikir nggak mungkin. Yang pasti buat memungkinkan yang terlihat nggak mungki ini diperluin kekuatan lain. ;)
Dalam ideku ada beberapa upaya untuk memungkinkan hal yang nggak mungkin.
Setiap tindakan membutuhkan alasan, kuatkan alasan untuk menjadi yang kau inginkan agar semua itu tidak sia-sia. Alasan di sini juga termasuk niat. Seberapa besar keinginan kita untuk mencapai hal yang kita inginkan. Kekuataan alasan dan niat akan sesuatu yang kita kejar bisa menjadi kekuatan lebih untuk memperjuangkan hal yang kita inginkan agar lebih mungkin untuk diraih.
Mungkin atau tidak mungkin juga berkaitan dengan kemampuan dan apa yang kita targetkan. Yang harus diingat tentang target dan kemampuan adalah jangan membuat impian berdasarkan kemampuan, buatlah kemampuan yang layak untuk mencapai impian yang luar biasa. Buat punya kemampuan memang bukan hal yang mudah. Segala sesuatu butuh pengorbanan, begitu pula untuk memiliki kemampuan, seberapa besar pengorbanan cukup berbanding lurus dengan ketercapaian kemampuan dan impian.
Keyakinan dan pemantapan diri juga penting. Coba deh pikir, kalo nggak yakin sama diri sendiri, gimana orang lain mau yakin? Rada mbulet, tapi keyakinan ini juga berhubungan sama kemampuan. Semakin mampu seseorang dalam menghadapi suatu hal, tentu keyakinannya lebih kuat. Tetapi, beda kasus kalo buat orang yang terlalu bergantung sama keberuntungan.
Manusia bisa memprediksi, tapi segala sesuatu yang terjadi tentu atas kuasa-Nya. Segala sesuatu akan mungkin atas kehendak-Nya. Yang penting tetap percaya akan kuasa-Nya dan hikmah yang tak mudah terterka oleh manusia.
Balik lagi ke sisi manusia dengan usahanya, salah satu cara menyelesaikan ketidakmampuan yang membatasi diri dan memunculkan rasa ketidakmungkinan mencapai target adalah meningkatkan kemampuan. Tapi kalau tetep ngotot dan nggak mau ningkatin kemampuan, ada saran yang lebih baik: berhentilah bermimpi, biarkan hidupmu tak bertujuan. :p



2.24 am
6 Juli 2012
(hampir setahun | membuka kembali file lama)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar