Selasa, 02 Juli 2013

Sebuah Perjalanan (?)

Libur semester memang udah mulai, tapi masih aja terdapar di rantau karena beberapa urusan. Rasanya butuh banyak waktu untuk mengembalikan jiwa yang entah melayang ke mana. Satu semester kemarin, kehidupan sebagai mahasiswa sangat kental dan terasa sedikit membosankan. Bolak-balik kampus kosan dan berkutat dengan laporan. Rasanya banyak waktu yang tersita. Mungkin juga merasa waktu tersita karena belum berhasil menerapkan rencana indah pembagian waktu. Yang jelas, kehidupan kampus kosan itu sangat membosankan.

Rasanya udah lama banget nggak jalan-jalan, pergi ke suatu tempat dan melihat realita yang ada. Udah lama banget nggak dapet pelajaran secara langsung dari apa yang dilihat. Ya aktivitas yang cukup aku rindukan. Sejak kecil aku cukup terbiasa melihat sisi lain kehidupan (atau kehidupan yang tidak aku jalani) saat aku berpergian.

Aku bukan tipe orang yang komunikatif yang dengan mudah membangun suatu perbincangan yang hangat dengan orang yang baru aku temui, tetapi orang tuaku adalah orang yang cukup mudah bersosialisasi. Di saat berpergian, tak jarang orang tuaku berbincang dengan orang yang ditemui, tentu saja aku mendengarkannya.

Banyak hal yang bisa aku pelajari dari mendengarkan pembicaraan seperti itu. Aku bisa belajar lebih bersyukur atas kehidupanku yang tidak sempurna tapi cukup mengagumkan untukku. Aku bisa melihat realita dan merasakan apa yang oranglain rasakan, menumbuhkan rasa empati, mencoba memikirkan solusi atas suatu kesulitan (walau tidak terungkap).

Pembelajaran saat berada diperjalanan tidak hanya didapatkan dari suara. Selain melalui perbincangan, tak jarang aku mendapat suatu pembelajaran melalui gambaran. Melihat orang yang berada di sekeliling tempatku berada dan memperhatikan apa yang dilakukannya. Secara nyata dapat terlihat suatu perjuangan, pengorbanan, kasih sayang, dan bebagai hal yang mampu menjadi cambuk bagi diri untuk terus memperbaiki diri.

Memang tidak harus melakukan perjalanan khusus untuk mendapatkan hal itu. Sederhananya, saat berjalan dari kos ke kampus, hal itu sebenarnya bisa diperoleh. Mungkin aku yang sedikit jenuh dengan situasi ini sehingga ingin mendapatkan pelajaran dalam perjalanan dengan situasi yang berbeda.

6 Juli 2012
1.28 am
(hampir satu  tahun yang lalu)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar